Sabtu, 13 Juni 2009

OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA SD 2009

Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Satker Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun pada Kegiatan Perluasan dan Peningkatan Mutu SD tahun 2009 akan menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Sekolah Dasar tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang dipusatkan di Kota Kendari.
Sejak tanggal 6 April 2009 yang lalu, BPP PPM SD 2009 telah mempersiapkan turnamen bergensi ditingkat Sekolah Dasar ini. Olimpiade kali ini tetap mengacu pada point-point teknis yang lalu, tahun 2008. Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan, seluruhnya dilaksanakan di Kota Kendari dengan tempat yang berbeda misalnya untuk Sepak bola mini kemungkinan akan dipakai 2 lapangan yaitu lapangan benu-benua dan lapangan lakidende. Untuk cabang Karate, Senam, Bridge, Catur dan Pencak Silat dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara.
Ada persyaratan khusus untuk peserta O2SN, yaitu : Siswa/atlit adalah siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah yang tergabung dalam gugus Sekolah dasar, berasal dari Klub Olahraga SD yang telah dibentuk sejak tahun 1997 s.d. 2008, dan klub olahraga SD yang dibentuk oleh Pemerintah Daerah. Ketentuan dan persyaratan tersebut berlaku mulai dari seleksi tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Nasional. Bila atlit/peserta yang tidak memenuhi persyaratan, maka panitia akan memulangkan dengan biaya sendiri.
Pemeriksaan administrasi dan keabsahan atlit akan diperketat pada tahun ini, sebab ada saja akal-akalan para pelatih atau official memanipulasi administrasi seperti raport dibuat baru dan akte kelahiran dirubah. Hal ini perlu sejak pendaftaran peserta sudah harus diteliti dengan serius. 
Tujuan pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa SD ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak siswa SD dalam bidang olahraga sebagai bagian dari pendidikan jasmani dan kesehatan melalui persaingan yang sehat dan sportif serta meningkatkan motivasi, minat, bakat dan kecintaan siswa terhadap olahraga sejak usia dini. Disamping itu juga, untuk melahirkan bibit-bibit olahragawan potensial yang dapat dibanggakan dimasa depan.
Beberapa waktu yang lalu, pada tingkat Kabupaten/Kota telah dilaksanakan seleksi untuk menuju ke tingkat provinsi. Atlit-atlit dari 12 Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara akan berlaga/ bertanding di tingkat provinsi guna merebut tiket ke Jakarta pada tingkat nasional pada bulan akhir bulan Juni. Olimpiade Olahraga SD tahun-tahun sebelumnya biasa dilaksanakan pada bulan Agustus, namun pada tahun 2009 jadwal dimajukan disebabkan pada bulan mengantisipasi pesta demokrasi pemilihan presiden, namun berita ini belum pasti karena petunjuk pelaksanaan serta jadwal resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah belum diturunkan
Diniar Ayu Wibawanti
076484214


Tidak ada komentar:

Posting Komentar